Sunday 17 August 2014

Punya Tabungan, Income Aktif dan Income Pasif

Hidup ini penuh dengan pengeluaran dan biaya yang tiap bulan, tahun atau waktu khusus perlu dikeluarkan. Ada kebutuhan dan keinginan. Sebaiknya kebutuhan yang memang diperlukan sebagai kebutuhan pokok perlu di jaga tetap terpenuhi. Perihal keinginan tetap dijaga jangan terlalu membebani sehingga tidak punya tabungan.

Secara umum pendapatan ada 2 aktif dan pasif. Pendapatan aktif dimaksudkan ada kerja dan waktu yang disisihkan ada pendapatan. Bekerja sebagai pegawai, usaha buka toko, sebagai profesi. Sedangkan pendapatan pasif, tanpa perelu usaha banyak tetapi hasil bisa diperoleh. Pendapatan pasif diantaranya dari deposito, reksa dana, saham, properti yang disewakan,  bagian komisi hak cipta dan lain-lain.

Ada 3 hal yang perlu sejak Dini dan Berkala yaitu : tabungan, pendapatan aktif dan pendapatan pasif.Tabungan untuk berjaga-jaga jika diperlukan untuk kebutuhan yang besar dan mendadak. Pendapatan aktif sebelum memperoleh sejumlah tertentu pendapatan pasif perlu bekerja dan berusaha lebih dahulu. Sedangkan pendapatan pasif merupakan tujuan jangka panjang.

Jika sudah berumur dan tidak bisa produktif lagi, kehidupan bisa ditopang dari pendapatan pasif yaitu spt deposito, reksa dana, saham, properti yang disewakan, komisi hak cipta , bisnis waralaba, komisi bisnis jaringan (MLM) dan sejenisnya.

Perencanaan secara Dini dan Berkala sejak jauh-jauh hari akan meningkatkan kesejahteraan pribadi dan keluarga Anda. Pengetahuan, pendidikan dan pengalaman sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan ini.

Selamat berdiskusi tentang topik ini. Salam.

1 comment:

  1. Thanks infonya. Oiya, saya juga punya referensi tulisan nih tentang perbedaan mendasar antara pendapatan aktif dan pasif yang bisa mengantarkan temen-temen pada yang namanya kebebasan finansial. Yuk cek selengkapnya di sini: Perbedaan Pendapatan Aktif dan Pasif

    ReplyDelete