Sunday 17 August 2014

Bisnis Jaringan (MLM) yang Prospektif

Ada banyak suara miring tentang bisnis jaringan MLM di Indonesia. Misalnya bisnis ini untuk pengangguran, tidak ada pekerjaan, lebih banyak gagalnya dan buang waktu. Belum lagi bisnis money game dan atau sistem ponzi yang bukannya keuntungann tetapi buntung yang diperoleh.

Secara umum dengan mendalami secara benar, wawasan luas, bijak, tekun dan bekerja keras, bisnis jaringan MLM merupakan bisnis yang prospektif. Kenapa ? Berikut beberapa alasan diantaranya :

  1. Modal dan risiko mininal

  2. Ekspansi kuas, peluang  dan Potensi Pendapatan Tidak Terbatas

  3. Waktu bekerja bebas

  4. Tidak membutuhkan pendidikan, pengalamanan dan pengetahuan awal aapapun

  5. Sistem Pendukung Bisnis MLM yang baik dapat memberikan kesempatan anggotanya bisa berhasil.

Lebih yakin lagi bahwa ada beberapa hasil survey yang menunjukkan beberapa informasi berikut diantaranya :

  • fakta sekitar 18% orang terkaya di AS berasal dari bisnis jaringan MLM.

  • Ada kuliah khusus bahkan jurusan dan tingkat master yang mengkhususkan pada bisnis jaringan.

  • 10 Porfesi termahal salahs atunya adalah profesi bisnis jaringan (MLM).

Namun demikian untuk mengetahui suatu bisnis jaringan adalah tepat untuk anda tekuni sebagai salah satu profesi atau panggilan hidup Anda diantaranya yaitu :

  1. Produknya bisa menjual dengan sendirinya, alias kualitas produk,  dibutuhkan konsumen dan mempunyai harga yang bersesuaian. Bahkan jika diperlukan merupakan produk kualitas premium, memang dibutuhkan  atau bukan produk substitusi yang bisa digantikan dengan sembarangan produk lainnya.

  2. Perusahaan dan Sistem Pendukung Bisnis untuk pengembangan jaringan, sudah mempunyai pengalaman, track record dan bisa dipercaya untuk mengentaskan anggotanya (member/dsitributor)  untuk mencapai tingkat tak terbatas dengan kondisi saling menguntungkan dan saling mendukung. Hal ini bisa dilihat dari pendapatan yang bertumbuh dan berkesinambungan, loyalitas sebagian besar distributor yang sukses, dan kondisi kekeluargaan dan persaudaraan yang bisa dilihat dalam kehidupan antar individunya.

  3. Business Plan adil, dalam arti memang ini murni bisnis jaringan dan bukan money game atau ponzi.  Money game atau ponzi salah satu atau beberapa cirinya yaitu :




    • Anggota bisa mendaftar lebih dari sekali

    • Tidak ada produk atau jasa yang ditawarkan yang ada mengumpulkan uang

    • Jumlah hasil yang diperoleh (komisi/pendapatan) tidak rasional misalnya bisa lebih besar dari porsi marketing atau biaya produk / jasa atau hanya berdasarkan jumlah rekuritmen/ sponsorisasi saja.

    • Bentuknya binari, triangel dan dibatasi dalam kontens pembangunan jaringan.

    • Dalam  1 tahun - 5 tahun bisnis jaringan tersebut meledak dan kemudian mengempes atau beberapa personal di awalnya justru ditagih, diadili atau kaya dari praktek yang tidak adil.

Menurut Robert Kiyosaki berikut 8 Keuntungan daripada Bisnis Jaringan pada Abad 21 seperti ditulis dalam bukunya yaitu :

  1. Pendidikan Bisnis

  2. Pengembangan Pribadi

  3. Bersama dengan orang yang berhasil

  4. Pembangunan Jaringan

  5. Duplikasi Bisnis

  6. Mekanisme untuk menciptakan Kekayaan

  7. Belajar Kepemimpinan

  8. Pelajaran Nyata pencapaian Mimpi Besar.



Untuk lebih detailnya silahkan baca bukunya ya. Demikian sharing sedikit dari catatan pribadi tentang bisnis jaringan MLM. Semoga bermanfaat, Salam.

No comments:

Post a Comment