Sunday 17 August 2014

Passive Income: Bisnis Auto Sistem


Bunga di kolam dalam gambar di atas cukup dibiarkan dan tidak dipelihara tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Keterlibatan manusia relatif sederhana atau bahkan hampir tidak melakukan sama sekali. Demikian juga dengan passive income dari bisnis auto sistem.

Secara umum ada 3 jenis yang bisa menghawsilkan passive income yaitu properti yang disewakan dan diasuransikan, paper aset yang diasuransikan dan bisnis yang ber-auto sistem.


  • Properti yang disewakan dan aset properti tersebut diasuransikan akan mendapatkan income berkala (bulanan, 3 bulanan atau tahunan) yang bisa menjadi passive income. Selain income berkala ada potensial juga gain atas kenaikan properti tersebut.

  • Demikian juga untuk deposito, reksa dana, saham, atau investasi paper aset lain bisa mendapatkan passive income. Kenali jenis productnya sehingga risikonya dikenali sehingga bisa berinvestasi secara bijak. Sangat dianjurkan jika investasi di paper asset diasuransikan, dalam arti baik aset atau pendapatannya di asuransikan sehingga mengurangi risiko kegagalan bayar dari penerbit paper asset dan ada perlindungan atas income dari papaer asset tersebut.

  • Beberapa bisnis auto sistem menurut pertimbangan saya diantaranya Proven MLM (hati2 bukan money game), koperasi tersistem, waralaba (Franchisor atau pemberi waralaba) dan auto pilot internet. Bisnis auto sistem ini bukan tanpa risiko tetapi dengan pemahaman yang mendalam investasi dan pendalaman masing-masing bisnis auto sistem.  Contoh-contoh di atas bisa menjadi bisnis auto sistem  atau bahkan bisa menjadi risiko dengan menggerus nilai investasi Anda.

Logikanya adalah konsep Modal Dengkul/Nothing Down atau Penny Investment. Artinya untuk memulai bisnis tersebut Anda tetap ikut terlibat di awal, modal yang diperlukan umumnya bukan modal uang tetapi usaha di awal. Jika sistem sudah benar- benar berjalan Anda akan memetik hasilnya beberapa tahun kemudian. Buah yang dipetik tergantung kerja keras, strategi, pengalaman, pengetahuan dan terutama dari mana Anda belajar (Guru terbaik yang proven atau komentator).

Percayalah tidak ada bisnis yang cukup membalikkan tangan saja, semuanya butuh pembelajaran, pengalaman, usaha terus (jatuh bangun) dan tidak menyerah.

Ada 2 hal penting yang perlu Anda pelajari sebelum berinvestasi. Pertama adalah pengetahuan dasar tentang investasi. Investasi yang diharapkan return (keuntungan) mempunyai sisi yang satu yaitu risk (risiko)-nya. Pengenalan mendalam sangat penting sehingga mengenal segala aspek tentang investasi seperti high return high risk, hedging, kinerja masa lalu tidak menjamin prestasi yang akan datang, my words is my bond, jangan taruh telur dalam satu keranjang, diversifikasi investasi, systematic risk, unsystematic risk, dan konsep atau pengertian dasar lainnya.

Selamat mulai mendapatkan passive income.

1 comment:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin investasi, tiap investor perlu loh yang namanya diversifikasi untuk memitigasi risiko. Trus, apa aja sih yang perlu diperhatikan investor sebelum diversifikasi investasi? Bisa cek jawabannya di sini: diversifikasi investasi aman

    ReplyDelete