Sunday 17 August 2014

Menabung di Deposito Bank Progam LPS

Deposito adalah tabungan yang paling mudah dan dikenal masyarakat luas Indonesia. Ini adalah bentuk tabungan yang menempatkan dana di bank tertentu. Besaran minimal ada yang minimal 1 juta ada yang 10 juta, rata-rata minimal penempatan adalah 8 - 10 juta.

Indonesia mempunyai LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), yang menjamin tabungan dan deposito di bank-bank di Indonesia yang mengikuti program LPS, batas yangdijamin per individu adalah 2 miliar di bank tersebut dan bunga yang diberikan tidak melebih bunga LPS. Saat ditulis bunga LPS maksimal untuk bank umum adalah 7,50% dan informasi up-date dapat dilihat di http://www.lps.go.id/.

Makin besar simpanan, bunga deposito akan makin besar, misalnya untuk simpanan Rp. 10 juta dapat 5%, maka sebenarnya tiap tahun bunga yang diperoleh adalah sebesar Rp. 10 juta x 5% x ( 1- 20% pajak) = Rp. 400 ribu. Sehubungan jangka waktu simpanan deposito bisa 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan dan 12 bulanan maka untuk jangka waktu 1 bulan bunganya sebesar : Rp. 10 juta x 5% x ( 1- 20% pajak) x 30 hari / 365 hari setahun = Rp. 32.876. Untuk faktor terakhir ada bebeapa versi bisa jumlah hari / 365 hari atau jumlah hari / 360 hari tergantung bank-nya.

Bentuk tabungan ada juga yang ARO (Automatic Roll Over) alias secara otomatis di perpanjang (roll over). Pencairan deposito biasanya hanya bisa dicairkan pada saat jatuh tempo, namun ada beberapa bank yang mau breakable (dapat dicairkan sewaktu-waktu), dalam arti dicairkan sewaktu-waktu dapat dilakukan dan bunganya akan ditentukan sesuai tarif bank tanpa kena penalti. Namun demikian umumnya deposito yang dicairkan sebelum jatuh tempo kena penalti.

Bunga deposito bisa di kapitalisasi (ditambahkan ke pokok) atau langsung masuk rekening dan pokoknya tetap.

Anda sudah cukup familiar dengan deposito ini, daripada di tabungan biasa lebih baik untuk dana yang untuk jangka waktu 1 bulan atau lebih ditempatkan di-deposito. Anda tentu sudah mulai mengenal istilah dalam deposito seperti bunga, pokok, LPS, ARO, kapitalisasi, breakable, pinalti.

Selamat menabung di tabungan dan deposito bank. Silahkan pilih bank yang mengikuti program LPS.

Salam

No comments:

Post a Comment